Cara Cek Kampas Kopling Mobil Mulai Aus, Buruan Ganti!

Cara Cek Kampas Kopling Mobil – Salah satunya sisi paling penting dari mobil ialah kopling. Ini elemen penting mobil untuk kurangi perputaran mesin saat peralihan gigi tranmisi. Salah satunya sisi keutamaan ialah kampas kopling untuk salurkan tenaga dari mesin ke transmisi.

Sudah pasti kampas kopling ada periodenya. Apabila sudah aus harus selekasnya ditukar supaya perjalanan kamu tidak terhalang. Bagaimana sich ketahui bila kampas kopling telah aus dan harus ditukar? Yok baca panduan dari situs sah Suzuki Indonesia ini.

Baca Juga : Rental Mobil Bandar Lampung

1. Hidupkan mesin dan pada kondisi rem tangan mengamankan, coba masukan perseneling perlahan-lahan

Pertama, hidupkan mesin dan ambil rem tangan pada keadaan mengamankan. Rem tangan akan menahan mobil melonjak saat ditempatkan gigi perseneling.

Saat rem tangan telah ditegaskan berperan secara baik, coba untuk masukan gigi perseneling satu secara perlahan-lahan sekalian tekan kopling.

2. Bebaskan kopling perlahan-lahan dan pijak rem bertepatan dengan gas

Kemudian, bebaskan kopling dan statuskan kaki kanan pada status mencapai rem bertepatan dengan gas. Tetapi ingat, saat melakukan tidak boleh tergesa-gesa. Pijak secara perlahan-lahan.

Kemudian, bebaskan kopling secara perlahan-lahan. Jika mesin mobil masih berpijar, dapat diperhitungkan kampas kopling telah tipis dan harus selekasnya ditukar.

3. Bila pedal kopling lebih keras saat didesak dan akselerasi turun pertanda kampas kopling mulai aus

Cara Cek Kampas Kopling Mobil selanjutnya, Pedal kopling berasa lebih keras saat didesak, dan mobil akan bergerak saat pedal kopling diangkat dekati status saat sebelum diinjak.

Kekuatan akselerasi mobil yang turun, bahkan juga mobil berasa berat dan tidak memiliki tenaga. Keadaan ini berasa semakin kronis saat Anda melalui jalan naik.

Baca Juga : Rental Mobil Lampung

4. Ada getaran saat kopling diangkat atau ada suara asing di transmisi

Disamping itu ada getaran saat pedal kopling diangkat. Umumnya, ini dikarenakan oleh dekrup alias cover clutch atau flywheel tidak rata dan harus selekasnya ditukar.

Disamping itu ada suara asing di transmisi. Misalnya saat pedal kopling diangkat, mendadak kedengar suara asing berbentuk bunyi “pletak” atau suara kasar yang mengusik.

Kedengar suara desingan bearing yang cukup mengusik saat pedal kopling tidak diinjak. Keadaan ini biasanya dikarenakan oleh pelumas pada ada release bearing telah jadi kering.